1. Google
Google masih menduduki merek yang paling berharga di dunia; Sebuah judul yang dipertahankannya selama tujuh dari 11 tahun terakhir. Ini adalah nilai merek - senilai lebih dari $ 245 miliar - meningkat sebesar 7% dari 2016.

Perusahaan telah mengubah dirinya dari mesin pencari sederhana menjadi merek gaya hidup yang mencakup semua, kata Doreen Wang, Kepala Global BrandZ. Merek Google terkait dengan penelitian inovatif, mobil yang mengemudikan sendiri, dan layanan online bermanfaat seperti Google Drive, Google Documents, dan Google Maps.

2. Apple
Nilai merek Apple meningkat sebesar 3% menjadi $ 235 miliar, membantu mempertahankan posisi No. 2 di peringkat. Namun merek tersebut telah kehilangan beberapa kilau sejak tahun 2015 saat menduduki peringkat BrandZ.

Wang mengatakan "kecepatan inovasi Apple selama setahun terakhir tidak dianggap secepat Google atau Amazon." Peringkat BrandZ sangat bergantung pada persepsi konsumen. Jika orang tidak dapat melihat bahwa Apple sedang inovatif, nilai mereknya akan menderita.

3. Microsoft
Microsoft mendudukin posisi ketiga selama tiga tahun berjalan. Ini adalah penilaian merek yang menyumbang 5% menjadi $ 143 miliar. "Kata kuncinya adalah Microsoft Cloud," kata Wang, yang mengatakan keberhasilan cloud dan layanan bisnis perusahaan membantu memperbaiki persepsi konsumen.

Microsoft menghasilkan hampir sepertiga dari pendapatannya dan hampir 40% dari keuntungan operasinya dari lini bisnis Cloud. Investor jelas senang dengan perusahaan tersebut. Saham telah melonjak sekitar 16% sejak awal tahun ini.

4. Amazon
Amazon nilai mereknya meningkat 41% mencapai $ 139 miliar. "Ke mana pun konsumen pergi, Amazon akan pergi," kata Wang. "Pada saat ini, itu adalah strategi yang tepat."

Raksasa ritel menawarkan berbagai layanan: belanja online, pengiriman grosir, komputasi awan dan hiburan hanyalah puncak gunung es. Ini terus mengembangkan layanan intelijen buatan dan asisten digital pribadinya, Alexa. Investor juga memperhatikan, menawar saham sebesar 34% sejak awal tahun.

5. Facebook
Merek Facebook terus tampil dengan baik, meski skandal mengenai berita palsu dan peristiwa kekerasan mengalir langsung di platformnya. Pengguna menganggap Facebook "ramah" dan "membantu," kata Wang. Ini membantu meyakinkan pengiklan untuk beralih ke platform, dan pengguna tampaknya tidak memperhatikan pertumbuhan konten yang diiklankan, katanya. Nilai merek Facebook melonjak 27% sepanjang tahun lalu mencapai $ 130 miliar.

 

Sumber : CNN

Gambar : Entrepreneur.com